Search

Perhitungan Nilai Sekarang Proyeksi Manfaat dan Kewajiban Manfaat Pasti


PERHITUNGAN NILAI SEKARANG PROYEKSI MANFAAT


Setelah kita menghitung proyeksi manfaat (lihat perhitungan di sini), kemudian kita menilai sekarangkan dengan mempertimbangkan kemungkinan karyawan tersebut tetap berada di perusahaan pada saat pensiun.


Jika kita mengasumsikan discount rate 8%, maka nilai sekarangnya adalah 0,146 yang dihitung dengan formula (1+8%)^-25. Konsep nilai sekarang dapat dilihat di sini.


Jika kita mengasumsikan tingkat pengunduran diri sebesar 5% per tahun, maka probabilitas karyawan tetap berada di perusahaan adalah 0,277 yang dihitung dengan formula (1-5%)^25. Konsep probabilitas dapat dilihat di sini.


Maka Nilai Sekarang Proyeksi Manfaat didapat dengan mengalikan Nilai Sekarang, Probabilitas Pembayaran dan Proyeksi Manfaat menjadi 35,4 juta


“Kewajiban ini muncul ketika karyawan sudah memberikan jasanya kepada perusahaan dan sebagai imbalannya karyawan tersebut berhak atas manfaat karyawan yang akan dibayarkan di masa depan.”

PERHITUNGAN KEWAJIBAN MANFAAT PASTI


Kewajiban hanya muncul ketika karyawan sudah memberikan jasanya kepada perusahaan. Ini berarti jika karyawan pada saat valuasi baru memberikan jasanya untuk 5 tahun, maka yang sudah menjadi kewajiban perusahaan hanya porsi 5 tahun dari total 30 tahun masa kerjanya di masa depan. Sehingga, Kewajiban Manfaat Pasti (Defined Benefit Obligation – DBO) maka sama dengan 5/30 x 35,4 juta atau sama dengan 5,9 juta.

Perhitungan ini kemudian dihitung untuk setiap kemungkinan pembayaran manfaat (meninggal, cacat, mengundurkan diri), dan untuk setiap tahun proyeksi sampai karyawan mencapai usia pensiun dan untuk setiap karyawan.


Secara ringkas, kewajiban manfaat pasti dihitung dengan formula berikut:



Science vector created by stories - www.freepik.com

© 2020 Kantor Konsultan Aktuaria I Gde Eka Sarmaja, FSAI dan Rekan

KKAGD-logo.png